Pension Plan

Q : Kenapa saya butuh menyisihkan untuk dana pensiun ?

A : Umumnya kita bekerja dari usia 25 – 55 tahun, setelah itu pensiun atau dengan kata lain sudah tidak mendapatkan gaji lagi. Sementara kebutuhan harus terus terpenuhi. Itu sebabnya kita perlu menyisihkan dana dari sekarang untuk masa tua kita.

Q : Saya sudah ikut jamsostek

A : Berdasarkan perhitungan, dana jamsostek yang disebut Jaminan Hari Tua tidak akan mencukupi, biasanya dana tersebut akan habis terpakai dalam 2-3 tahun setelah pensiun. Dikarenakan inflasi dan bertambahnya kebutuhan saat pensiun seperti biaya kesehatan

Q : Selain jamsostek, di kantor saya juga sudah diadakan dana pensiun

A : Anda sangat beruntung bila sudah mengikuti dana pensiun tapi itu pun belum cukup, bila kantor Anda memberikan iuran pensiun 10% dari gaji Anda, dan Anda pensiun di usia 55 tahun, maka pada usia 60-62 tahun uang pensiun Anda akan habis.

Q : Tapi saya tidak ada dana lain untuk disisihkan

A : Sebenarnya untuk mengikuti dana pensiun ini tidak diperlukan dana yang besar. Anda bisa mulai menyisihkan sebesar Rp 100 ribu/bulan.

Q : Berapa lama saya harus menyisihkan untuk dana pensiun dan kapan bisa saya nikmati

A : Semakin lama Anda menyisihkan semakin besar nantinya uang pensiun yang Anda dapatkan, tapi Anda bisa membuat perencanaan sendiri seperti 5,10,15 atau sampai usia pensiun. Anda dapat menikmati nya saat Anda pensiun, bisa diambil bulanan/tahunan.

 

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

